Laman

Search This Blog

Sunday, June 20, 2010

CERITA AKYAT UJUNGPANGKAH (5)

AZIMAT PANCAPAT PANGKAH

..........................( 5 )

Keangkeran daerah itu sudah menjadi buah bibir masyaakat luas, tidak hanya di sekitar wilayah itu saja, namun sudah menyebar di seluruh wilayah pulau jawa dwipa, bahkan sampai ke lua pulau jawa Dwipa. Derah itu di kenal dengan sebutan jalma mara jalma mati, artinya siapa datang ke wilayah itu sama halnya mendatangi kematiannya. Setiap ada seorang yang memasuki daerah itutidak penah kembali. Mereka hilang seperti ditelan bumi. Hal inilah yang membuat daerah itu sangat di keramtkan banyak orang sebagai daerah angker atau daerah larangan.

Pada suatu ketika datanglah seseorang pengembara di daerah itu. Sebelum memasuki daerah itu, orang itu telah di peringatkan oleh penduduk sekitar agar tidak memasuki daerah itu. Namun orang itu dengan tutur kata yang halus dan bijaksana menolak peringatan penduduk. Orang itu tetap nekat ingin memasuki daerah itu. Oleh karena itu mereka tidak dapat menghalangi maksudnya. Orang itu bernama Ki Ageng Jumiko.

Ki Agemg Jumiko adalah seseoang yang mumpuni. Ternyata segala angguan dan serangan dari para makhluk halus dapat dihadapinya. Ia bahkan memutuskan untuk bertempat tinggal di daerah itu. Penduduk sekitar sangat menaruh hormat kepadanya. Dengan ilmunya ia mampu mengatasi segala gangguan dari makhluk halus. Namun demikian, penduduk sekitar daerah itu belum ada yang berani mengikuti jejaknya. Penduduk sekitar masih sangat trauma dengan kabar hilangnya para pendatang yang memasuki wilayah itu. Mereka tidak ada yang kembali setelah memasukli daerah larangan itu. Mereka hanya tinggal nama, mereka tidak pernah kembali. Siapa pun yang masuk ke wilayah itu tidak ada kabar beritanya. Mereka tak pernah kembali.

Bersambung...........


Diceritakan oleh MASNUKHAN, S. Pd.

No comments:

Post a Comment